Travel to Hokkaido

Hai, semuanya! Lagi ngapain nih? Pasti kalian semua lagi bikin rencana liburan untuk libur lebaran, ya. Soalnya, aku sendiri juga gitu. Hehehe. Biasanya, pas bulan puasa gini, isi aktivitasku sehari-hari adalah browsing tempat wisata, tempat kuliner, hotel, dan tiket pesawat untuk libur lebaran. Entah kenapa ya, libur lebaran itu selalu jadi masa liburan yang paling gereget, kalo dibandingin sama libur natalan dan tahun baru. Ada yang setuju sama aku?

Nah, buat kamu yang masih bingung mengenai tempat wisata yang mau dikunjungin, aku mau share tambahan ide nih. Yup! Jepang! Aku kepingin banget bisa mengenal Jepang, nggak cuma tempat wisatanya tapi juga budaya yang dimilikinya. Seperti yang kalian baca di judul blogpost ini, kali ini aku mau share all about Hokkaido, Japan. Kenapa kok Hokkaido? Jawabannya klasik banget, “Soalnya, Tokyo dan sekitarnya sudah terlalu mainstream.Well, jujur aja, aku suka bangetexplore kota atau tempat wisata yang nggak mainstream. Tujuannya adalah supaya pas ditanyain orang, “Loh, itu dimana?” “Di Jepang!” “Oya? Kok pas aku ke Jepang aku nggak kesana, ya?” “Hehehe.” Senengnya itu lho semacam nemu berlian di tempat yang nggak disangka-sangka gitu.

北海道, Hokkaidō

credit : wikipedia

Oke deh, langsung aja ya kita kenalan sama Hokkaido. Kalo kamusearch di Wikipedia mengenai Hokkaido, info pertama yang kamu dapat adalah Hokkaido merupakan pulau terbesar kedua di Jepang. Kita kenalan lebih jauh, ya. Kalau kamu pernah dengar, Kyoto punya temples, Okinawa punya pantai, Ishikawa punya samurai, Hakone punya Gunung Fuji, dan Tokyo punya segalanya. Tapi jangan salah,  Hokkaido punya ketenangan dan pemandangan yang indah yang nggak kamu dapatkan di pulau lainnya. Supaya kamu dapat gambaran, coba bayangin Swedia atau Norwegia, dimana banyak tanah yang subur, hutan-hutan kuno, iklim yang dingin, pemandangan laut yang indah, dan penduduk yang tidak padat. Hokkaido juga merupakan pusat pertanian dan perikanan Jepang, jadi di Hokkaido ada banyak banget makanan yang enak dan segar.

Tempat Wisata (Recommended) di 北海道 Hokkaidō

1. NISEKO

Niseko adalah sebuah kota di distrik Abuta, Hokkaido. Namun, Niseko lebih dikenal orang sebagairesortski yang paling top di Jepang. Niseko dikenal karena dipenuhi oleh salju bubuk yang halus, yang jadi dambaan banyak turis internasional, terutamaAustraliandanAsian.Niseko semacam surga untuk merekayang suka bermain ski dansnowboarding.

Semua resort ski di Niseko letaknya ada di Gunung Niseko-Annupuri. Ada tiga resort yang paling besar di Niseko, yaitu Grand Hirafu, Niseko Village, dan Annupuri. Ketiga resort yang telah disebutkan tadi menjadi satu di puncak gunung, jadi kita bisa bermain ski di antara ketiga resort tersebut, soalnya ada shuttle bus yang menghubungkan ketiganya.

credit : japan-guide.com

Di antara ketiga resort tersebut, Grand Hirafu adalah resort ski yang paling besar. Hanya di Grand Hirafu yang ada semacam Hirafu Town yang sangat friendly untuk turis internasional. Jadi, ada banyak hotel, pension, rumah liburan,restoran, bahkan bar yang foreigner-friendly. Maksudnya, menu makanannya ditulis dalam bahasa Inggris gitu.

2. FURANO

credit : japan-guide.com

Furano terletak di pusat Hokkaido. Furano terkenal dengan pemandangan ladang lavender yang biasanya dinikmati pada musim panas atau sekitar bulan Juli. Lavender sendiri memang dibudidayakan di Hokkaido selama lebih dari setengah abad. Lavender yang pada tahun 1960-an sempat diekspor, sekarang telah beralih menjadi objek wisata.

Sebenarnya, ada banyak ladang di Furano, namun spot terbaik untuk menikmati pemandangan lavender adalah di Farm Tomita, dimana kamu dapat melihat ladang lavender dan Gunung Tokachi  berdampingan. Pada tahun 2008, Farm Tomita membuka ladang kedua yang dinamai Lavender East, dimana kamu dapat menikmati keindahan Lavender East selama 15 menit menggunakan Lavender Bus.

3. SAPPORO

Sapporo adalah ibukota dari Hokkaido dan kota terbesar kelima di Jepang. Kota Sapporo menjadi terkenal di tahun 1972 ketika Olympic Winter Games diadakan di sana. Sekarang, Sapporo lebih dikenal karena ramen, bir, dan snow festival tahunan yang diadakan pada bulan Februari.

Sapporo Snow Festival atau Sapporo Yuki Matsuri diadakan selama satu minggu setiap bulan Februari. Untuk tahun 2017, festival ini diadakan dari tanggan 6 Februari sampai dengan 12 Februari 2017. Festival ini adalah festival yang paling populer pada musim dingin. Sapporo Snow Festival memiliki tiga panggung utama yaitu di Odori Site, Susukino Site, dan Tsu Dome Site.

credit : japan-guide.com

4. ASAHIKAWA

Asahikawa terletak di pusat Hokkaido, merupakan kota kedua terbesar setelah Sapporo. Kota ini bukan tujuan utama kebanyakan turis, tapi kota ini cukup terkenal dengan kebun binatangnya, yaitu Asahiyama Zoo. Asahiyama Zoo termasuk dalam zoological garden.Keunikan dari kebun binatang ini adalah dimana pengunjung dapat melihat binatang-binatang dari berbagai macam angle, atau bukan dari angle yang biasanya.

Aku kasih contoh-contohnya, ya. Seperti di bawah ini, pengunjung diposisikan melihat polar bear seakan-akan pengunjung adalah “makanan” dari polar bear tersebut.

credit : japan-guide.com

5. ABASHIRI

Abashiri terletak tidak jauh dari Shiretoko dan taman nasional Akan. Yang paling terkenal di Abashiri adalah Prison Museum dan Drift Ice atau Ryuhyo yang bisa dilihat di Okhotsk Sea pada saat musim dingin. Abashiri Drift Ice ini letak geografisnya mirip dengan Portland (Oregon) dan Venice (Italy). Biasanya, laut menjadi es sekitar bulan Januari dan menghilang pada akhir Maret sampai pertengahan April. Paling bagus dilihat pada saat pertengahan Februari. Namun, karena global warming, esnya jadi nggak setebal dulu-dulu, jadi sudah berkurang sejak tahun 1980-an.

Cara yang paling asik dan gampang untuk lihat Drift Ice adalah dengan menggunakan transportasi Aurora Sightseeing Boats yang berangkat dari Abashiri Port. Biasanya, Drift Ice lebih bisa dilihat di tengah laut. Kapal tersebut berlayar sekitar satu jam dan berjalan beberapa kali dalam sehari, dari akhir Januari sampai dengan akhir Maret. Tiket kapalnya juga bisa dibeli online.

credit : japan-guide.com

Makanan Khas 北海道 Hokkaidō

1. JINGISUKHAN

credit : cafesinpo

Jingisukhan atau Genghis Khan adalah makanan daging domba panggang yang dimasak bersamaan dengan sayur. Konon katanya, makanan ini dimasak dengan menggunakan helm tentara di Mongolia, makanya bentuk panggangannya agak unik gitu. Jingisukhan paling enak kalo dimakan dengan saus soyu.

2. FRESH SEAFOOD

credit : japantourlist.com

Kalo ini, pasti semua udah tau, Hokkaido terkenal banget dengan fresh seafood-nya, secara Hokkaido adalah pusat pertanian dan perikananan Jepang. Beberapa makanan favoritnya adalah kepiting, kerang, salmon, telur ikan salmon, cumi-cumi, gurita, landak laut, udang, makarel, dan lainnya. Wah, aku suka banget sama seafood, nggak sabar banget buat cobain semuanya kalo udah travel ke Hokkaido!

Cara paling asik untuk mencicipi fresh seafood dari Hokkaido adalah dengan mengunjungi pasar ikannya dan sarapan semangkuk kaisendon (nasi dalam mangkuk dengan lauk aneka seafood di atasnya) di sana. Pasar yang paling sering dikunjungi di Hokkaido adalah Pasar Nijo di Sapporo, Pasar Pagi di Hakodate, dan Pasar Washo di Kushiro.

Setelah mengetahui semua tempat wisata wajib dan makanan khas Hokkaido, pasti ada dari kalian yang bertanya-tanya, “Terus gimana caranya untuk ke Jepang?” Baca terus, ya!

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Mungkin ada dari kalian yang belum tahu, kalau di Indonesia ada agensi dari Jepang yang dengan senang hati mau membantu kita semua untuk liburan di Jepang, namanya H.I.S. Apa saja sih yang disediakan?H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda.

Juga, H.I.S. sedang berkolaborasi dengan ANA yang dinamakan HAnavi. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

So yeah, ini akhir dari blogpost aku yang cukup panjang, Semoga blogpost kali ini nggak bikin kalian bosen dan malah terbantu, ya. Hehehe.

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

References : japan-guide.com / travelandleisure.com / wanderwisdom.com / japantourlist.com / cafesinpo.wordpress.com

So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y

author
Author: 

Related Post "Travel to Hokkaido"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "Travel to Hokkaido"