TIPS Sukses Bekerja di Rumah

TIPS Sukses Bekerja di Rumah

Hujan mengguyur sekitar Karawaci Tangerang menurut subuh tadi dan sekarang jam telah memperlihatkan jam 10.00 WIB tapi hujan masih awet saja. Sambil menyeruput susu cokelat hangat, tangan ini tetap bekerja sembari mengecek catatan stock opname & beberapa invoice bulan ini.

Jam segini telah sanggup agak damai mengerjakan beberapa kerjaan bisnis, anak-anak telah dalam berangkat sekolah. Kebetulan sekolah anak-anak masih dalam dalam wilayah komplek rumah jadi tidak terlalu jauh jarak berdasarkan tempat tinggal ke sekolah. Biasanya mereka jikalau ke sekolah naik sepeda, lantaran hari ini hujan jadi saya mengantar mereka ke sekolah.

Tadi pagi waktu mengantar mereka ke sekolah, saya lihat pada jalan nir terlalu ramai. Tidak banyak pengendara motor yang hilir mudik, apabila pun ada pastinya mereka mengenakan jas hujan buat melindungi sandang mereka agar nir basah terkena air hujan. Semoga Allah melindungi mereka para pejuang pencari rezeki.

Jadi flash back masa 8 tahunan silam disaat masih menjadi pegawai yg kerja kantoran 9 to lima belum lagi kadang lembur. Hujan, panas, naik kendaraan umum yg desak-friksi, macet, tetap wajib pada jabani demi meraih rezeki buat kelangsungan hayati. Kendaraan tertentu belum punya jadi ya nikmatilah naik tunggangan generik. Alhamdulillah hal itu telah nir aku alami lagi saat ini. Sejak 8 tahun ini saya sudah work from home.

Ketika sedang asyik mengerjakan lembar invoice satu persatu, tiba-tiba aku mencium aroma sambal balado yang sedang pada masak oleh Mba ART saya

Work space aku memang di rumah, hanya tersekat satu dinding dan satu pintu saja. Terima tamu, meeting dan kerja semua aku lakukan di ruangan kerja ku ini. Karena aku bekerja di rumah, time managemen pun tetap perlu aku atur agar semua nya tetap berjalan.

Apa sih enak nya Kerja di rumah?

Karena aku adalah seorang ibu dengan 3 orang anak, walau mereka sudah beranjak dewasa, tetap saja aku perlu mengkontrol aktivitas kesehariannya. Mulai dari aktifitas sekolahnya, aktifitas dirumah dan makannya mereka masih perlu aku perhatikan. Belum lagi memperhatikan pak suami yang walau kita berdua sama-sama kerjanya dari rumah.

Enaknya kerja di rumah ya seperti ini: Punya waktu yang tidak ada batasnya mengkontrol aktifitas anak-anak, tahu keadaan mereka, masih bisa mengatur rumah juga mengkontrol kerjanya Mba ART aku dalam membersihkan rumah.

Apa TIPS Kerja Dari Rumah?

Walau mengerjakan pekerjaan bisnis ini aku lakukan dari rumah, bukan berarti aku bisa seenaknya bertindak. Aku melakukan beberapa hal ini yang mungkin bisa menjadi Tips bekerja dari rumah. Tips ini adalah tips versi aku selama 8 tahun ini. Aku konsisten dan benar-benar komitmen melakukannya, agar kerjaan bisnis dan kerjaan rumah bisa terkontrol secara bersamaan.

Apa saja Tips nya?

1. Buat To Do List

Buat To Do List itu PENTING banget lho. Catat semua kegiatan harian kita di buku agenda khusus, tulis mulai dari start kita bangun tidur sampai kita mau tidur lagi. Walau kadang apa yang kita tulis pada kenyataannya ada saja yang tidak sesuai schedule, tapi tetap kita buat saja to do list nya agar teratur ritme kerjanya

2. Disiplin

Jika sudah buat To Do List, ya kita perlu banget Disiplin melaksanakannya sesuai dengan apa yang sudah kita agendakan. Jangan kita sudah tulis misal jam 10.00 wib adalah waktunya telp klien, tapi pas jam 10, mager terus ingin santai sebentar sambil nonton Drakor, eh jadi keterusan, eh terus sudah lupa dan akhirnya kita menunda kerjaan.

3. Komunikasi Dengan Team Support System

Support system ini perlu banget. Bagi kita yang usahanya masih skala UKM (Usaha Kecil Milyaran ehehe), tetap perlu lho team. Team support system yang aku maksud adalah team yang ada di rumah kita seperti anak-anak, pasangan dan ART kita.

Mereka adalah team support system ring satu kita. Info dan komunikasikan ke mereka apa yang sedang atau akan kita lakukan. Misal jam 20.00 wib, kita ada agenda Kelas Online dengan para reseller. Walau dilakukan via online tapi bukan berarti bisa sesantai itu juga karena kan kita sedang memberikan materi, jadi tetap perlu konsentrasi. Nah minta kepada para team support system ring satu kita ini (anak-anak, pasangan dan bahkan ART) agar tidak mengganggu kita selama 1 jam ke depan.Mungkin bisa delegasikan tugas urusan rumah tangga yang ringan-ringan sementara ke mereka.

4. Buat Suasana Ruang Kerja Kantoran

Walau work space kita hanya di pojokan yang itu juga tidak ada sekat atau tidak ada ruangan sendiri, tetap kita perlu atur meja kita dengan nuansa tempat kerja. Pokoknya buat suasana seperti di kantor saja dan sebisa mungkin buat ruangan yang nyaman, agar kita bisa tetap focus kerja.

5. Kerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Lebih Pagi

Untuk para Ibu-Ibu semuanya, kita ini tidak bisa lepas dari kewajiban kita mengurus rumah, anak-anak dan suami lho. Bahkan tugas mengurus rumah dan keluarga adalah tugas utama kita, untuk urusan bisnis memang sebenarnya bukan tugas utama (kecuali kita single parents ya..).

Kalau aku pribadi, mengaturnya jam 10.00 pokoknya semua kerjaan rumah sudah selesai (baik itu ke pasar atau beres-beres rumah, bahkan masak pun sudah selesai). Start Jam 10.00 sudah siap focus dan konsen mengerjakan pekerjaan bisnis kita.

Begitulah kira-kira lima inti dari yang aku lakukan agar kerja dari rumah untuk urusan bisnis kita bisa sejalan juga selaras dengan mengurus keluarga.

Memang sekali lagi kadang-kadang pada kenyataannya ada jadwal yang suka tidak sesuai dengan jadwal yang sudah kita buat di To Do List harian kita, but it’s Okey dan jangan jadi beban lalu stress.

Misal lagi mau konsen tiba-tiba di telp dari sekolah bahwa buku anak ada yang ketinggalan, atau anak kita sakit, tiba-tiba ada sanak saudara berkunjung kerumah, dll. Tetap hadapi dengan bahagia. Karena jika kita jadikan beban, maka seharian itu pasti akan jadi tambah berantakan karena mood tidak sedang dalam suasana yang bagus.

Ok sipp ya..Semoga berguna sharing aku kali ini. See you on my next blog post

Cilya 

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

author
Author: 

Related Post "TIPS Sukses Bekerja di Rumah"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "TIPS Sukses Bekerja di Rumah"