Morning (Skincare) Routine 101

Happy Friyay! Now it’s time for a new blogpost. Blogpost hari ini temanya nggak jauh-jauh dari skincare dan morning routine. Nah, instead of talking about what products I used for my morning routine, blogpost ini lebih membahas ke langkah-langkah apa aja yang kudu dilakukan pada morning routine dan apa sih gunanya kita melakukan semua step-step itu. Balik lagi ke topik fundamental beauty blog, skincare is far more important than the makeup itself. Yeah, simply karenaskincare itu semacam investasi jangka panjang. Makanya, nggak heran banyak ciwik-ciwik yang rela merogoh koceh agak dalam buat yang namanya skincare. So, without further do, let’s get started!

1. Cleanser

Bersihkan wajah kamu dengan cleanser dan kapas, bahkan pada saat kamu bangun tidur. “Bangun tidur masa mukanya kotor?” Pokoknya dilakuin aja, demi kebaikan masa depan kulit wajah kamu. Eits, jangan lupa pakai cleanser yang cocok dengan kulit wajah kamu. Mesti pakai apa? Semua skincare dan makeup pada dasarnya harus trial dan error, karena kondisi kulit kita pun juga berubah seiring dengan berjalannya waktu. Cleanser ini berguna untuk membersihkan wajah kamu dari kotoran kecil, minyak, atau bahkan makeup yang masih menempel di kulit kamu.

2. Wash!

Biasanya, aku mencuci mukaku pada saat mandi. Jadi sekalian gitu loh. Hal yang perlu diperhatikan pada step ini adalah pastikan tangan kamu sudah bersih dulu sebelum mencuci muka, supaya nggak ada kuman-kuman yang justru nempel di muka kita karena tangan kita yang super kotor. Then, pakai sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kamu, kalau kulit kamu berminyak, ya pakai sabun cuci muka untuk tipe kulit wajah yang berminyak, biar kerjanya lebih optimal. Seharusnya, cleansing sudah cukup (kalau males cleansing aja cukup, buat aku sih, muahahaha) tapi biar kotoran, debu, minyak, jauh-jauh, kan lebih baik kalau dicuci lagi.

3. Toner

Toner sama dengan penyegar. Penyegar ini punya manfaat yang bagus, loh : kulit wajah kamu akan lebih segar (iya lah, namanya penyegar), menjaga keseimbangan pH kulit kamu, melembapkan dan membersihkan wajah kamu dengan lebih maksimal. Gimana cara aplikasinya? Dulu, aku pakai toner menggunakan kapas. Belakangan aku baru tau, menggunakan toner akan lebih baik kalau dituangkan ke tangan secukupnya, kemudian ditepuk-tepukkan secara perlahan ke seluruh wajah. Toner juga bisa berada dalam bentuk semprotan, biasanya dikenal dengan facial mist. Biarkan selama 1-2 menit sebelum aplikasi skincare product lainnya. Well, semua pemakaian produk skincare sebenernya tergantung produk itu sendiri.

4. Serum

Aku mulai pake serum baru-baru ini. Biasanya, pas skincare time aku selalu skip. Ya soalnya memang belum punya dan nggak ngeh kalo serum ini cukup bermanfaat. Serum ini punya manfaat apa aja emangnya? Yup, membuat struktur kulit wajah lebih kencang dan kenyal, mencegah penuaan dini, menghaluskan serta mencerahkan warna kulit, mencegah pengaruh buruk polusi udara dan sinar matahari pada kulit, menghilangkan flek di wajah, dan lainnya. Cara pakai serum bermacam-macam tergantung pada produknya, biasanya aku pake serum dengan mengusapkannya di jari terlebih dahulu, kemudian aku oleskan ke wajah secara merata, sambil dipijat-pijat sedikit.

5. Moisturizer

I think everyone knows about this. Moisturizer adalah pelembab yang gunanya untuk melembapkan kulit wajah kamu. Oiya, kalau kamu punya acne treatment product, sebaiknya kamu pakai setelah pemakaian serum dan sebelum pemakaian pelembab. Pelembab ini berguna untuk menjaga kadar air pada kulit wajah kita agar tetap kenyal dan tidak dehidrasi. Cara pemakaian pelembab sederhana, aplikasikan pelembap pada beberapa titik wajah, kemudian oleskan secara merata. Usahakan setiap penggunaan produk, kamu pakai secukupnya, jangan kebanyakan, jangan kesedikitan juga. Biar hasilnya maksimal gitu loh.

6. Sunscreen

Sunscreen ini semacam produk wajib yang harus kamu punya. Karena, sebagian besar masalah pada kulit wajah ini diakibatkan karena efek sinar matahari, apalagi masalah aging. Pernah denger tentang UV A dan UV B? Atau pernah denger produk sunscreen yang menangkan UV A dan UV B? Sinar UV A ini penyebab dari kulit yang menua dan berkeriput, karena sinar ini dapat menembus masuk ke dalam kulit. Sedangkan, UV B adalah penyebab dari kulit yang memerah (terbakar) karena panasnya sinar matahari. Jadi simple-nya UV A lebih menyerang ke lapisan dalam kulit, dan UV B lebih menyerang ke permukaan luar kulit, dan ini bisa berubah menjadi kanker lo! Jadi tipsnya adalah jangan pernah males pake sunscreen setiap hari sebelum kamu keluar dari rumah.

And last but not least, banyak minum air putih. Well, air putih ini super banyak manfaatnya apalagi untuk kesehatan kulit. Semoga blogpost kali ini berguna ya buat kamu.

So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y

author
Author: 

Related Post "Morning (Skincare) Routine 101"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "Morning (Skincare) Routine 101"