5 TIPS Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Tips Sehat Saat Musim Hujan

Hujan terus mengguyur wilayah Tangerang sedari malam dan sampai jam menunjukkan pukul 6 pagi pun, belum juga berhenti. Hal yang paling aku rindukan ketika hujan adalah aroma tanah yang basah dikarenakan siraman dari air hujan. Belum lagi cuaca nya yang dingin dan sejuk, bikin pagi ini tambah mager.

Sehabis sholat shubuh tadi, tubuhku seakan ingin mengajak lagi untuk tidur, menikmati AC kamar yang berasa tambah dingin karena mungkin efek hawa dingin diluar kamar karena hujan.

Tapi teringat tugas ku menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan juga bekal mereka ke sekolah. Jadi aku batalkan niat ‘rebahan’ ini.

“Yank…anak-anak ngga ke sekolah hari ini?” begitu ucapan pak suami yang membuyarkan ke-mager-an ku pagi ini

Iya Yank, ke sekolah kok, ini aku baru mau buat sarapan”, ujar ku sambil senyum dan langsung beranjak keluar kamar, walau badan masih mau rebahan.

Langsung aku menuju ke dapur dan si mba ART ku pun sudah bangun dan sedang beres-beres dapur.

Iya aku memang ada Mba ART di rumah yang bantu aku dalam hal handling rumah, tapi kadang untuk urusan sarapan, anak-anak tetap suka minta aku yang buatkan. Padahal kadang masakan si Mba jauh lebih sedap dibanding masakan aku

Hari ini anakku si number one minta dibuatkan macaroni cheese cream untuk sarapannya dan sambil mengolah bahannya, aku bernyanyi pelan lagu sederhana ini (karena suasana hujan, jadi aku kok jadi menyanyikan lagu ini ya.. )

Rain, rain, go away

Come again another day

Danen wants to play

Rain, rain go away ..

Dulu waktu anak-anak masih kecil, ketika sedang hujan diluar sana, aku suka nyanyi kan anak-anak aku lagu ini. Karena anak-anak suka nonton film Barney, aku pun jadi hafal beberapa lagu nya dan salah satunya ya lagu rain-rain ini. Biasanya aku suka menyanyikan lagu ini kalau anak-anak sudah merasa ‘bete’ dirumah seharian, dimana mereka tidak bisa main keluar rumah karena hujan.

“Ibu..sarapannya sudah?” tanya si bungsu kepada ku yang membuatku berhenti bernyanyi.

“Sebentar lagi sayang, adek sudah rapih ya?” tanya ku kepada si bungsu

“Sudah Ibu. Tinggal sarapan ..” jawabnya lagi

Tiba-tiba si bungsu bertanya lagi “Ibu..kenapa sih kalau setiap musim hujan selalu ada beberapa orang yang jatuh sakit seperti flu atau demam? Padahal yang sakit itu tidak pernah main hujan-hujanan”.

“Terus bu gimana caranya supaya di musim hujan ngga terkena penyakit?” tanya nya lagi secara beruntun

Untung banget aku pernah googling soal ini, jadi aku bisa menjawab pertanyaannya dengan bahasa yang bisa diterima oleh anak aku yang lagi suka banyak bertanya banyak hal.

“Karena ketika hujan, perubahan suhu udara di sekitar kita menjadi dingin. Dengan perubahan iklim ini tentu tubuh memerlukan adaptasi. Jika saat proses adaptasi ini, daya tahan tubuh kita sedang rendah, maka bisa jadi kita akan rentan terkena virus lalu jatuh sakit.” jawab ku sambil mulai membagi-bagi macaroni cheese cream ke masing-masing piring sarapan ke tiga anakku.

“Lalu cara nya agar di musim hujan ini tidak terkena penyakit adalah kita perlu sekali menjaga daya tahan tubuh kita dengan baik, agar tetap sehat ketika musim hujan datang.” lanjut aku menjelaskan lagi ke si bungsu.

Mungkin ada kah diantara para Mommy-Mommy diluar sana yang pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dari anak-anak?

Tadi itu jawaban versi aku ketika menjelaskan kepada anak-anak aku. Sebenarnya ada tidak sih tips agar tubuh kita tetap sehat saat musim hujan? Sebenarnya kalau kita coba googling, pasti banyak menemukan berbagai macam tips nya.

Tapi ini adalah sharing tips dari aku, menjaga stamina tubuh agar tetap sehat saat musim hujan seperti sekarang ini

1. Banyak minum air putih

Anak-anak pasti aku selalu bawain botol minum dan alhamdulillah di sekolahnya menyediakan aqua galon agar mereka bisa refil air minum. Seperti kita ketahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesegaran kulit, mencegah terjadi nya dehidrasi pada tubuh, mendukung otot dan sendi serta melindungi saraf dalam jaringan tubuh.

Tubuh yang dehidrasi bisa menurunkan stamina, kalau sudah turun stamina tubuh maka akan mudah terkena virus.

2. Rajin konsumsi vitamin C dan Madu

Dulu anak-anak paling tidak suka konsumsi madu dan buah-buahan. mau tapi sulit sekali untuk mereka minum. Tapi alhamdulillah sekarang mereka sudah terbiasa dengan yang namanya Madu juga vitamin C>

Vitamin C dan madu sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Vitamin C dan Madu diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh.

3. Istirahat yang cukup

Tidur siang menjadi salah satu hal rutin yang harus anak aku lakukan. Kalau anakku yang number one dan number two, tidak bisa lagi tidur siang karena jam pulang sekolahnya sudah sore. Tapi si bungsu selalu aku usahakan dia bisa tidur siang sebelum sore kembali lagi dengan les tambahan di rumah.

Istirahat dan tidur yang cukup ternyata mempengaruhi kesehatan, mood kita, berat badan dan juga kehidupan seksual kita.

Aku pernah baca di salah satu media bahwa ada beberapa perusahaan di luar negeri yang mewajibkan karyawannya untuk istirahat siang yaitu tidur siang selama kurang lebih 30 menit, agar mereka bisa kerja dengan pikiran yang fresh dan badan kembali ber-energi. Ok juga ya ide nya

4. Jaga Pola makan dan rajin konsumsi buah

Buah dan Sayur merupakan salah makanan yang sangat penting bagi tubuh. Mengkonsumsi buah dan sayur dapat melawan berbagai jenis penyakit karena mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman.

Walau ngga paham istilah-istilah itu tapi aku tetap sebisa mungkin memberikan anak-anak buah dan sayur agar tidak hanya stamina saja terjaga tapi juga tubuh sehat.

5. Jaga Kebersihan tubuh dan lingkungan

Bersih itu sebagian daripada iman. Berarti yang tidak menjaga kebersihan tidak punya iman..betul? ehehe karena itu jangan sampai kita tidak menjaga kebersihan di sekitar kita juga kebersihan tubuh kita. Kotor itu adalah sumber dari penyakit. Jadi jangan sampai tidak menjaga kesehatan ya

Inilah lima tips sehat ala aku di musim hujan ini. Sehat itu sebenarnya mudah dan sakit itu mahal sodara-sodara. Tidak hanya uang saja yang keluar, tapi juga effort dari tenaga para sanak keluarga kita yang menjaga kita ketika sakit.

Saat musim hujan ini sangat rentan terkena virus, walau tidak hujan virus pun juga selalu ada. Tetapi tetap menjaga stamina itu penting. So Keep healthy ya semua

Cilya 

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

author
Author: 

Related Post "5 TIPS Tetap Sehat Saat Musim Hujan"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "5 TIPS Tetap Sehat Saat Musim Hujan"