5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

Lima Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

“Healthy Body, Healthy Life”

Assalamualaykum,

Semangat pagi semuanya. Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat ya. Ngomongin sehat, aku baru saja sembuh dari flu, walau flu ringan sih tapi beneran ya yang namanya sakit itu ngga enak banget. Hidung sempat mampet, dada sesak, kepala pusing, miring ke kanan ngga bisa napas, miring ke kiri terus jadi pegal ahaha..serba ngga enak deh pokoknya kalau lagi sakit.

Baru deh ya, setelah di kasih sakit sama Allah, yang namanya mensyukuri nikmat sehat itu luar biasa perlu. Selain kita wajib bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Allah kepada kita, kita juga perlu banget yang namanya menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola asupan nutrisi ke tubuh kita, dan balancing antara makan, olahraga serta jadwal tidur kita.

Siapa sih yang tidak mau hidup nya sehat, baik itu sehat jasmani juga rohani? Semua pasti mau sekali hidup sehat. Kali ini aku mau berbagi tips sehat ala aku.

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki 3 orang anak serta satu suami ehehe.. Aku perlu banget menjaga kesehatan. Seorang ibu itu soalnya menurut aku memiliki fungsi serta keahlian ganda di rumah, ya sebagai Ibu, sebagai dokter, sebagai sekretaris, sebagai ahli keuangan. Jadi kalau si Ibu sakit maka kelar sudah kerapihan di rumah hehehe.

Nah, sharing hari ini adalah tips sehat ala Cilya Wonderland. Ini yang aku lakukan, walau sih kadang suka absen tidak aku lakukan. Tapi jarang banget deh..karena yaitu tadi aku merasa aku harus sehat. Sebenarnya sih standard saja, tidak ada ritual yang aneh-anaeh seperti minum air kembang 7 rupa atau air dari 7 sumur, mandi malam-malam .

Yang aku lakukan mungkin hampir dilakukan kebanyakan orang, hanya cara masing-masing orang melakukannya beda-beda.

1. Tidur Cukup

Karena aku selain sebagai Ibu rumah tangga juga sebagai mompreneur, momblogger..tentu pola tidur aku juga sedikit berbeda. Walau ada nih istilah “Kalau mau sukses, tidur nya pasti tidak 8 jam sehari”…

Awal mulai bangun usaha pastinya ya seperti itu, tidurnya kurang. Tapi, tidak juga kurang dari 6 jam sih sehari menurut aku. Karena percuma bangun usaha agar kita sukses kalau malah diri kita sakit atau tidak sehat. Kesuksesan kita siapa yang nikmati?

Karena itu aku suka usahakan tidur siang min 1 jam (dari start anak-anak pulang sekolah jam 14.00 sd jam 15.00) dan tidur malam dari jam 22.00 sampai jam 03.00 dinihari (karena aku muslim jadi aku suka bangun untuk Tahajud) lanjut nunggu subuh. Pola tidur ku ini sih kadang tidak sesuai juga jam nya tapi paling tidak aku usahakan tidur max 8jam atau min 6 jam dalam sehari.

2. Minum Air Putih min 8 liter sehari

Aku selalu usahakan kemana-mana sekarang bawa tempat air minum sendiri. Selain untuk mensupport Eco Friendly yang mengurangi wadah botol dan sedotan plastik, juga lebih merasa sehat saja kalau bawa air minum sendiri.

Bangun tidur, aku pasti minum air putih dulu setelah kumur-kumur di kamar mandi.

Pas sarapan aku minum air putih dengan susu dengan gula khusus atau susu sapi murni. Sudah mulai kurangin minum teh hangat. Pokoknya selalu usahakan minum min 8 liter sehari.

3. Makan Buah-Buahan dan Minum Madu

Aku sudah mulai mengurangi konsumsi nasi putih. Aku ganti dengan konsumsi nasi merah dan makan nasi hanya di siang hari. Jika lagi ada kegiatan di siang hari ya terpaksa makan nasi putih, dibuat santai saja tapi yang penting sudah mulai kurangi nasi putih.

Malam aku tidak makan malam, aku ganti dengan konsumsi buah dengan yoghurt. Untuk tambahan stamina, aku selalu minum madu 2 x sehari yaitu di pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum mau tidur. Agar stamina tubuh aku tetap terjaga.

4. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Ini Yess big no no lah. Tidak merokok saja bisa merusak paru-paru apalagi merokok. Alkohol juga bisa merusak ginjal kita. Jadi aku benar-benar menghindari 2 hal ini.

5. Olahraga

Jadwal yang padat tidak membuat aku juga tidak melakukan olahraga. Walau statusnya Ibu rumah tangga dengan usaha dari rumah, tapi beneran deh waktu 24 jam sehari berasa kurang kayanya. Belum beres rumah, belum jemput anak sekolah atau antar les, belum masak, belum kalau lagi ada meeting dan lain-lain.

Dengan waktu yang ada, aku kadang suka bagi waktu habis selesai antar anak-anak ke sekolah, jam 07.30 aku usahakan joging 1 atau 2 puteran di komplek rumah atau jika cuaca tidak mendukung, aku yoga saja di rumah.

Jika tidak sempat jogging di weekday ya aku usahakan hari Minggu pagi bareng anak-anak. Pokoknya selalu usahakan olahraga dalam satu minggu min 1 kali.

Ini tips sehat aku yang aku lakukan sehari-hari. Secara ya usia sudah masuk kepala tiga jadi sehat itu penting banget untuk aku.

Sharing yuuk gimana tips sehat ala kamu…

Cilya 

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

author
Author: 

Related Post "5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat"