5 Tips Membangun Branding Yang Bagus Ke Customer

Assalamualaykum,

Hello mompreneur semua. Siapa yang punya bisnis tapi bingung mau mempromosikan bisnis nya ke perusahaan-perusahan bagaimana? Atau mau build your personal branding perusahaan mu bagaimana?

Dulu awal mulai bisnis, aku suka sharing bisnis aku ini ke ring satu aku dulu, yaitu ke keluarga baru ke teman-teman. Setelah dapat beberapa testimoni baru deh aku mulai sharing ke tetangga dan ke umum. Ke umum aku biasanya melalu media sosial karena gratis, kalau pakai jasa iklan waktu itu aku belum ada uangnya. Setelah ada hasilnya sedikit, baru deh aku mulai pasang iklan di beberapa media, baik media sosial, media cetak dan juga media elektronik. Aku juga suka bikin mini seminar di sekitar wilayah jangkauan rumah aku, baru mulai merambah ke daerah-daerah di Indonesia.

Setelah testimoni serta hasilnya mulai banyak, aku mulai deh promosikan ke beberapa perusahaan. Awal memang pasti ada rasa khawatir, khawatir ditolak, masih belum siap kalau ada customer yang kasih testimoni kurang puas dengan produk aku dan masih banyak lagi kekhawatiran yang tidak beralasan lainnya. Padahal belum juga dicoba sudah banyak kahawatirnya.

Kalau mau bisnis sukses ya harus berani dong ya. Berani ambil resiko, resiko Sukses atau resiko Sukses ..

Ternyata, sukses nya bisnis kita bukan hanya sebatas dari promosi atau marketing yang hebat atau kualitas produk kita saja. Mempertahankan serta menjaga agar bisnis kita terus lancar dan stabil itu tidak lah semudah kita melakukan promosi. Oleh karena itu bangunlah engagement kepada klien kita.

Kali ini, Aku mau sharing pengalaman ala-ala aku nih dalam membangun branding yang bagus ke Customer. Siapa tahu bisa membantu para mompreneur semua.

1. Tentukan Personal Branding Bisnis

Kita perlu menentukan ciri khas dari brand bisnis kita sendiri seperti apa. Lalu bangun lah Personal Branding tersebut dengan baik. Seperti rajin memberikan tips, sharing dan juga giveaway. Aku selalu bilang ke team aku bahwa, Sharing-Sharing dahulu, Selling-Selling kemudian.

Selain itu juga tentukan dahulu karakter dari logo bisnis kita. Misal dari pemilihan warna, desainnya dan makna dari pemilihan logo atau warna atau desain ini apa.

2. Rajin Berbagi Informasi Produk atau Program Terbaru

Jika kita punya program baru atau produk baru, maka kita harus rajin memberikan informasi kepada klien kita. Kalau bisa klien atau customer yang setia dengan produk kita, atau yang sudah percaya berbisnis dengan kita, mereka lah yang pertama kali tahu akan program atau produk brand kita.

Dengan begini, maka customer atau klien kita akan senang dan merasa bahwa mereka adalah bagian dari bisnis kita.

3. Jangan Terlalu Sering Memberikan Discount

Menurut aku nih, dengan rajin memberikan discount berlebihan atau memberikan discount yang terlalu sering kepada klien atau customer kita juga tidak baik.

Tidak baik bagi financial bisnis kita juga bisa jadi produk dari brand kita seperti tidak memiliki harga positioning yang bagus di masyarakat. Atau bisa juga terlihat kita tidak Percaya Diri sehingga khawatir akan kehilangan customer atau klien kita.

4. Bangun Kepercayaan & Silaturahim

Bangun kepercayaan seperti memberikan pesanan sesuai dengan apa yang kita presentasikan, kirimkan produk kita sesuai dengan time schedule yang dibuat. Pokoknya jaga kepercayaan klien kita agar jangan sampai mereka kecewa, sehingga tidak akan merecomendasikan lagi produk kita.

Berkatalah yang jujur dan jangan berlebihan.

Aku ambil contoh deh ada salah satu reseller sebuah brand produk, ketika mempromosikan produk lipbalm brand tersebut, dia mengklaim kalau lipbalm tersebut bisa menyembuhkan ruam pada bayi (akibat keseringan dipakaikan diapers). Wow banget kan ya . Masa iya lipblam yang untuk bibir bisa dipakai untuk menghilangkan ruam pada bayi. Jelas komposisi racikannya kosmetik tentu tidak boleh dipakai untuk bayi yang kulitnya masih sensitif.

Berkaca dari ini, maka dari itu aku sarankan jangan mempromosikan secara berlebihan. Bangun kepercayaan customer kita ya dengan memberikan klaim atas produk kita dengan jujur.

Bangun silaturahim seperti rajin menyapa atau mengundang untuk makan siang bersama, jadi jangan menegur ketika kita butuh saja atau ketika kita sedang ada produk atau program baru saja.

5. Memberikan Hadiah atau Tanda Terima Kasih

Jangan pelit memberikan tanda terima kasih atau hadiah di hari-hari raya. Atau ketika brand kita mendapatkan penjualan yang tinggi dari pembelian customer atau klien kita. Hal ini menjadi sebuah bentuk perhatian kita kepada customer atau klien kita.

Ini adalah 5 tips dari aku dalam membangun branding yang bagus ke Customer atau ke klien kita. Semoga 5 tips ini bermanfaat ya. Kalau kamu ada tips tambahan lagi silahkan di share di kolom komentar. Sukses terus untuk bisnisnya…and see you on my next blogpost ya

Cilya 

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

author
Author: 

Related Post "5 Tips Membangun Branding Yang Bagus Ke Customer"

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Sempurna
Tips kecantikan – Setiap wanita mempunyai daya
6 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Cepat
Tips kecantikan rambut – Tidak sedikit orang
6 Cara Diet Menurunkan Berat Badan Penderita Maag
Tips kecantikan – Memiliki badan ideal adalah
Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Tips Kecantikan – Sering sekali orang mengutamakan

Leave a reply "5 Tips Membangun Branding Yang Bagus Ke Customer"